Connect with us

Hi, what are you looking for?

Idol

Grup Gadis Rookie Ini Dikecaman karena Diskriminasi Rasisme

todaykpop.com – XUM baru debut dua hari yang lalu, 22 September, namun ketiganya sudah menghadapi skandal besar pertama mereka. Banyak penggemar K-pop dari seluruh dunia mempermasalahkan video YouTube grup sebelumnya, karena para anggota terlihat membuat komentar yang tidak sensitif rasial terhadap warisan Filipina, Afrika, dan Penduduk Asli Amerika.

Sebelumnya, A100 Entertainment mengumumkan pada bulan Agustus bahwa girl grup mereka, NeonPunch, akan bubar setelah dua tahun. Menurut agensi, grup tersebut akan dibubarkan karena efek pandemi COVID-19 dari pengelolaan aktivitas NeonPunch di masa depan.

NeonPunch

(Foto: A100 Entertainment)

Namun, mereka juga mengumumkan bahwa tiga mantan anggota grup, Dayeon, Baekah, dan Iaan, akan debut sebagai trio girl grup dengan nama XUM. Meskipun debut mereka diundur karena pengujian COVID-19, grup tersebut akhirnya debut pada 22 September, Selasa, dan merilis video musik mereka untuk “DDALALA” pada hari yang sama.

XUM

(Foto: A1000 Entertainment)

Namun, pada 23 September, video kontroversial itu muncul kembali secara online. Video tersebut diunggah ke saluran YouTube resmi grup pada Mei 2020 dan menunjukkan anggota XUM, yang pada saat itu masih berpromosi sebagai anggota NeonPunch, mengambil tes DNA yang dirancang untuk mengungkapkan etnis dan warisan mereka. Video YouTube sejak itu telah dihapus.

BACA JUGA:   20 Potret Betapa Mempesonanya BTS Jimin dari Samping, Bak Pahatan Dewa

Sebelum mengikuti tes, para anggota mulai mengobrol tentang prediksi mereka. Di sinilah komentar bermasalah dimulai. Pertama, Baekah menimpali dan berkata bahwa pikir Iaan mungkin memiliki warisan Filipina dalam garis keturunannya karena dia mendengar bahwa Iaan memiliki anggota Filipina di keluarganya. Namun, Iaan dengan cepat mengoreksinya dan berkata “Vietnam” sebelum tertawa.

Grup Gadis Pendatang Baru Dikecam Karena Menghina Warisan Orang Filipina, Afrika, dan Penduduk Asli Amerika

(Foto: Tangkapan Layar YouTube NeonPunch)

Advertisement. Scroll to continue reading.

Dari perspektif pemirsa, banyak yang percaya bahwa tanggapan Iaan menyindir bahwa ada yang salah dengan menjadi bagian dari Filipina, dan bahwa dia berprasangka buruk terhadap Filipina.

Dayeon kemudian menyarankan dia pikir Iaan mungkin memiliki DNA dari Ghana, sebuah negara di Afrika Barat. Segera setelah mendengar ini, Iaan menjadi terlihat bingung, tertawa dan membuat “tidak” dengan tangannya. Subtitel video juga dikatakan mempromosikan colorism, yang mereka sebut Iaan “gadis di antara dua anggota yang sangat berkulit putih “.

Orang-orang yang menonton video tersebut mengatakan bahwa mereka hampir tidak melihat perbedaan antara dia dan warna kulit anggota lainnya.

Grup Gadis Pendatang Baru Dikecam Karena Menghina Warisan Orang Filipina, Afrika, dan Penduduk Asli Amerika

(Foto: Tangkapan Layar YouTube NeonPunch)

Dalam adegan lain, Baekah mengatakan dia pikir dia memiliki warisan Afrika, dan Dayeon setuju. Namun, penggemar kesal dengan alasan yang Dayeon berikan, karena mereka percaya itu mempromosikan stereotip Afrika. Alasan Dayeon percaya Baekah memiliki warisan Afrika adalah karena “Baekah memiliki suara yang sangat nyaring”. Dalam video tersebut, dia melanjutkan dengan teriakan nyaring, yang menurut banyak orang menghina pemirsa Afrika.

Teks video itu berbunyi, “Baekah berkulit putih dari Afrika?

Grup Gadis Pendatang Baru Dikecam Karena Menghina Warisan Orang Filipina, Afrika, dan Penduduk Asli Amerika

(Foto: Tangkapan Layar YouTube NeonPunch)

Para anggota mulai tertawa saat Dayeon berteriak keras, Baekah bercanda dengan keras, “Apakah Anda merasa seperti kepala suku Indian?” Banyak yang percaya bahwa dia mengacu pada kepala suku asli Amerika.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Grup Gadis Pendatang Baru Dikecam Karena Menghina Warisan Orang Filipina, Afrika, dan Penduduk Asli Amerika

(Foto: Tangkapan Layar YouTube NeonPunch)

BACA JUGA:   Remix "MIC Drop" BTS menjadi MV kelima mereka yang mencapai 750 Juta Views

Saat video mulai diputar, dapat dimengerti bahwa penggemar marah. Banyak netizen yang mengecam idol tersebut karena mengejek, kasar, dan cuek dengan budaya lain. Mereka juga mengungkapkan kekecewaan atas betapa tidak sensitifnya ras mereka. Beberapa bahkan menyatakan keterkejutannya pada bagaimana XUM yang tidak berpendidikan tentang budaya lain terlepas dari bagaimana K-pop global telah menjadi.

Penggemar K-pop dari seluruh dunia menuntut pernyataan dari A100 Entertainment dan permintaan maaf dari para gadis. Menyusul serangan balik tersebut, video YouTube telah dihapus dari akun YouTube mereka, menunjukkan bahwa mereka mengetahui serangan balik tersebut. Namun, mereka belum mengomentari situasi tersebut.

Lihat videonya di sini:

.

Sumber

Untuk Berita dan Update K-Pop lainnya, selalu buka todaykpop.com
Ikuti kami di Facebook, Twitter dan Instagram @todaykpopcom

Advertisement. Scroll to continue reading.

You May Also Like

Idol

todaykpop.com – Ujian masuk perguruan tinggi tahunan Korea Selatan adalah hari ini, dan banyak idola yang saat ini adalah siswa sekolah menengah atas telah...

Idol

todaykpop.com – Pada 24 September, Kamis, pukul 12 NN KST, A100 Entertainment merilis pernyataan terkait kontroversi rasisme girl grup rookie mereka baru-baru ini, XUM....

Idol

todaykpop.com – Bulan Agustus memiliki lebih banyak idol K-pop yang akan datang! Cari tahu comeback, debut, dan rilis baru apa yang harus Anda persiapkan...

Advertisement